Wartawan BBC menyamar ke Korut

universitas terkemuka selama inggris melancarkan kecaman ke bbc (media inggris), minggu, sebab wartawan bbc telah menyamar untuk mahasiswa tingkat doktoral danmelakukan perjalanan akademis untuk mencari film dokumentasi ke korea utara (korut).

cara itu mampu membahayakan mahasiswa selama rombongan tersebut, yang tak hapal rencananya.

london school of economics (lse) menyampaikan kiranya tiga wartawan bbc--termasuk betul wartawan dan disegani, john sweeney--bergabung pada perkumpulan mahasiswa dan tengah melakukan kaji wisata selama akhir maret. mereka berpura-pura merupakan wisatawan, kemarin membeli film tentang negara tertutup tersebut.

pihak universitas menyatakan bahwa para mahasiswa telah memperoleh pemberitahuan kiranya ada asli wartawan yang hendak ikut bersama mereka, sementara tidak jelas apakah bbc bertujuan menggunakan perjalanan itu untuk merekam diam-diam film yang hendak diputar selama web nuansa yang menyiarkan topik-topik hangat.

Informasi Lainnya:

ini bukan pendidikan wisata dipercaya lse, kata craig calhoun, direktur perguruan tinggi itu di akun twitter, semisal dikutip reuters.

bbc mengaturnya, memanfaatkan perkumpulan itu supaya menjaring audien.

ketegangan pada semenanjung korea meningkat akhir-akhir ini sebab ancaman launching nuklir oleh korut.

lse menyampaikan kiranya sweeney, alumnus tahun 1980, mengaku dibuat mahasiswa doktoral bidang sejarah, supaya mampu lolos masuk negara itu, meskipun saat ini ia tak mempunyai hubungan melalui lembaga pendidikan tinggi itu.

staf bbc mengakui kiranya rombongan itu sengaja menyamarkan keterlibatan bbc dalam kunjungan itu, kata lse.

menurut lse, kaum mahasiswa dan ikut beranjak tak diberitahu dengan gamblang untuk dapat menyetujui, dan menempatkan mereka di bahaya manakala penyamaran itu terungkap sebelum mereka mempunyai korut.

lse membayar bbc supaya baik film dokumenter yang berdasarkan rencana mau diputar dalam hari senin mendatang, ternyata direktur penyiaran menolak permintaan tersebut.

para mahasiswa melalui tegas sudah diberitahu dan diperingatkan potensi risiko perjalanan ke korut bersama wartawan, tulis bbc pada lamannya.

termasuk serta peringatan perihal risiko ditangkap dan ditahan serta kemungkinan mereka tak diperkenankan dulu masuk ke korut pada waktu yang akan datang.

sweeney membela diri di akun twitter melalui menulis lse menganggarkan pernyataan dan kita perdebatkan.

kami beranjak ke korut dengan menyamar. agen korut pasti tak senang. mahasiswa lse kenal mau hal ini sebelum pergi. mereka setuju.

laman panorama menungkapkan bahwa sweeney mengisi masa delapan hari agar menyamar tidak salah di jantung negeri yang diawasi dengan ketat.

bepergian daripada pyongyang ke daerah pedesaan yang termasuk kawasan de-militarisasi--di perbatasan dengan korea selatan--sweeney menyaksikan pemandangan dan suram, orang-orang dicuci-otak dalam tiga generasi juga rezim melalui senang menyerahkan kesan berbaris menuju armageddon, tulisnya.

lse menyatakan, aspek-aspek terkait korut sah merupakan bahan penelitian daripada semua tinjauan disiplin ilmu, tetapi bbc sudah merusak nama perguruan tinggi dan berdampak pada kunjungan ke korut yang berikutnya, serta ke negara lain.

karya bbc tersebut memesan mahasiswa berada dalam bahaya, padahal tampaknya tak membeli Informasi masih kecuali cuma memperlihatkan korea utara seperti dan dilihat wisatawan, tutur calhoun.