PVMBG cari solusi petani Kawah Timbang Banjarnegara

pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi bekerja menggunakan solusi terbaik terhadap petani selama sekitar kawah timbang, desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa sedang.

kami tengah diskusikan bersama teman-teman. nanti kita carikan solusi yang menarik, kata kepala pvmbg surono saat dikontak antara daripada purwokerto, kamis sore.

surono menungkapkan hal tersebut tenntang kehadiran harapan masyarakat desa sumberejo, kecamatan batur, banjarnegara, untuk status siaga kawah timbang mampu segera dievaluasi, sebab saat ini tak ada lagi gas berbahaya pada udara.

ia menyampaikan sampai saat ini aktivitas kegempaan di kawah timbang baru tinggi. sampai ketika ini baru banyak gempa-gempa yang tinggi, katanya.

masih tingginya aktivitas kegempaan tersebut, kata dia, menunjukkan kiranya tekanan gas daripada dalam tanah baru tinggi.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hal ini serta terlihat daripada hembusan asap kawah timbang dan tegak ke atas.

selain tersebut, tutur dia, konsentrasi co2 pada tanah pada kurang lebih kawah timbang juga baru tinggi.

warga desa sumberejo mengharapkan status kawah timbang langsung dievaluasi, sehingga mereka dapat kembali beraktivitas pada ladang secara normal.

warga khususnya yang punya ladang selama radius bahaya daripada kawah timbang sangat merasakan efeknya sebab mereka sudah Satu bulan tidak beraktivitas. terlebih ketika ini telah ada tanaman kentang yang rusak akibat terkena asap daripada kawah timbang, kata kepala desa sumberejo ibrahim.

hingga saat ini, tutur dia, luas tanaman kentang dan rusak serta puso mencapai 30 hektare, sementara dan terancam puso sekitar 95 hektare

oleh sebab itu, lanjutnya, sebagian petani yang tanaman kentangnya belum mengalami kerusakan tetap nekat memasuki radius 1.000 meter dari kawah timbang untuk merawat tanamannya untuk tak sampai puso.

menurut dia, hal itu dilaksanakan sebagian petani sebab gas membahayakan tak banyak lagi pada udara sehingga mereka mau ke ladang.

kalau gas co2 di di tanah, daripada lagi sudah sudah ada terlebih di sekitar kali sat karena rumput tidak hendak tumbuh dalam sini. warga dengan kearifan lokal yang mereka miliki, telah hapal daerah mana saja yang ada gas beracunnya biarpun aktivitas kawah timbang tidak meningkat, rumput tidak hendak tumbuh pada daerah itu, tutur dia yang juga petani kentang.

dengan demikian, tutur dia, masyarakat tak ingin menggali tanah di daerah yang digemari ada kandungan gas membahayakan.

pvmbg dalam senin (11/3), jam 21.30 wib, memperbaiki status kawah timbang dari normal menjadi waspada serta merekomendasikan untuk tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 500 meter daripada kawah.

selanjutnya, pvmbg pada rabu (27/3), pukul 23.30 wib, memperbaiki status kawah timbang dari waspada menjadi siaga juga merekomendasikan untuk tidak ada aktivitas warga dalam radius 1.000 meter daripada kawah.