Menkes: lima penyakit kuras anggaran Jamkesmas

menteri kesehatan dr nafsiah mboi menyebutkan banyak lima jenis penyakit tak menular dan cukup menguras anggaran garansi kesehatan masyarakat atau jamkesmas.

kelima penyakit itu meliputi gagal ginjal, penyakit paru, kanker, stroke juga jantung, sebutnya ketika membuka rapat kerja kesehatan nasional 2013 regional timur di hotel grand clarion, makassar, senin malam.

menurutnya, alokasi anggaran agar jamkesmas yang digelontorkan pemerintah pusat ke daerah sebanyak rp34,5 triliun, 83 persennya dihabiskan untuk penanganan lima bidang penyakit itu.

hanya 17 persen digunakan supaya pengobatan lainnya, kata hawa kelahiran sengkang, sulawesi selatan ini.

Informasi Lainnya:

menkes memaparkan, kondisi dan paling ada terjadi pada penyakit paru, dan sudah ditangani secara serius. penyakit paru serta tb, tutur dia, lebih banyak diakibatkan oleh para perokok aktif maupun pasif.

untuk tersebut diinginkan seluruh daerah melakukan perlawanan melalui mencari perda perihal rokok. sebaiknya bungkus rokok dikampanyekan bergambar mengenai dampak dan ditimbulkan dan banyak peringatan pemerintah yang melalui gamblang dicantumkan, jelasnya.

sebelumnya, indonesia sudah mencari achievement award dari global health usaid dibuat negara yang paling berhasil pada mengatasi permasalahan tuberkulosis (tb).

tidak hanya itu, penghargaan lainnya dalam website pengendalian tb selama indonesia juga sudah mendapat apresiasi dari internasional. penghargaan champion award for exceptional work in the fight againts tb.

pencapaian indikator target millenium development goals (mdgs) agar tb dalam indonesia cukup memuaskan juga diperkirakan semua indikator tb ingin dicapai sebelum masa yang ditetapkan pada tahun 2015.