Dua pelajar wakili Indonesia dalam simulai sidang PBB

dua pelajar sma, gilang al ghifari lukman dan lestari noorikawati anggraeni, sudah mewakili indonesia di acara simulasi sidang pbb 2013 bertema moscow international model united nations (mimun) dan berlangsung selama institut hubungan internasional moskow (mgimo), rusia 14 hingga 19 april lalu.

siaran pers yang diterima antara di jakarta dalam jumat menyebutkan, di acara tersebut keduanya berada selama seminar dan berbeda, gilang di 2nd committee general assembly, akan tetapi raeni berada dalam divisi general assembly ataupun divisi tertinggi di pbb.

meskipun berada dalam divisi dan berbeda, keduanya tetap membeli nama indonesia berkibar di antara ratusan pelajar lain di seminar dan menjadi impian pelajar-pelajar dari semua belahan dunia tersebut.

gilang merupakan siswa kelas 10 (1 sma) man insan cendekia, serpong, juga datang ke kota moskow bersama betul guru pendamping, ahmad imam, selama 13 april 2013. ternyata raeni siswi kelas 11 (2 sma) jurusan ipa dalam sekolah indonesia moskow serta menjadi wakil bagi indonesia melalui seleski dalam bahasa rusia.

Informasi Lainnya:

gilang mengaku berkeinginan kuat agar adalah benar diplomat yang bisa membeli hubungan indonesia dengan negara-negara lain adalah lebih maju, dengan karenanya ia memutuskan mendaftarkan diri mengikuti mimun.

awalnya aku membeli info pada internet mengenai kegiatan-kegiatan internaional, saya menemukan mimun serta langsung mendaftarkan diri, ungkap gilang disela kepulangannya ke indonesia pada selasa (23/4) sebagaimana dikenalkan di siaran pers tersebut.

setelah mengikuti kegiatan mimun 2013 gilang menyempatkan diri agar mengunjungi kota saint petersburg.

di sisi lain, raeni juga ikut mengibarkan nama indonesia sesudah terpilih agar mengikuti sidang divisi general assembly yang adalah divisi tertinggi pada pbb.

raeni dan memang fasih berbahasa rusia lolos melalui seleksi dalam bahasa rusia, melalui esai perihal penyelesaian konflik dengan damai tidak sengketa melalui mengikuti isu ketegangan selama semenangjung korea diantara korea utara serta korea selatan.

duta besar indonesia agar rusia, djauhari oratmangun dan sempat menemui gilang juga guru pendampingnya dalam mengikuti kegiatan mimun, serta mengaku menyambut bagus keikutsertaan kedua pelajar sebagai wakil indonesia pada ajang bergengsi itu.

selain tersebut sebelum model mimun dimulai, dubes djauhari juga sempat menyewa seorang diplomat dalam kedutaan besar republik indonesia selama moskow untuk menyerahkan pelatihan tata langkah memenuhi sidang-sidang pbb.

kegiatan ini amat bermanfaat supaya menamabha wawasan perihal hubungan internasional juga peranan pbb dengan simulasi sidang-sidang multilateral yang diikuti, ujar dubes jauhari yang mempunyai pengalaman berusaha lumayan lama dijadikan perwakilan indonsia di pbb.

mimun adalah acara simulasi sidang pbb dan bergengsi kepada pelajar dari berbagai dunia dan telah berlangsung sejak 1997. kali ini di mimun 2013 selama moskow, peserta yang datang terdiri dari kurang lebih 606 pelajar dari kurang lebih 65 negara.