Amien Rais: ada kesalahan dalam pengelolaan SDA Indonesia

mantan ketua mpr ri amien rais mengatakan ada kesalahan di pengelolaan sumber daya alam selama indonesia, terlebih pada jenis pertambangan, oleh karenanya cenderung menguntungkan kepentingan asing dibanding kepentingan rakyat.

sesuai amanah konstitusi, sumber daya alam (sda) adalah milik rakyat juga mesti digunakan sebesar-besarnya agar kepentingan rakyat, akan tetapi yang terjadi malahan sebaliknya, ujarnya dalam yogyakarta, rabu.

menurut dia dalam sela acara presidential series lecture bertema kontrak karya proasing: indonesia miskin di ladang emas, kebijakan pertambangan pada indonesia tampak karut marut.

hal tersebut timbulkan pihak asing cenderung mendikte isi kontrak perjanjian kerja sama yang dijalin melalui pemerintah. mereka melalui serakah berlomba-lomba mengeruk kekayaan alam daripada indonesia, sedangkan amat sedikit faedah yang dirasakan oleh rakyat, katanya.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan kondisi tersebut menyebabkan rakyat indonesia seperti ayam yang mati di lumbung padi. kekayaan alam dan begitu melimpah belum mampu memperbaiki kesejahteraan rakyat dengan signifikan.

bahkan, bukan hal masih bila banyak masyarakat di kurang lebih pertambangan dan masih hidup selama bawah garis kemiskinan, kata guru besar fakultas ilmu sosial serta ilmu politik (fisipol) universitas gadjah mada (ugm) itu.

oleh karena tersebut, menurut dia, para pengambil kebijakan dalam sektor pertambangan dicari segera mengikuti langkah demi menyelamatkan sumber daya alam indonesia.

masih ada jalan, kita berhak melakukan negosiasi ulang kontrak kerja sama yang telah diatur selama hukum internasional, kata amien.

rektor universitas islam indonesia (uii) yogyakarta edy suandi hamid mengatakan, sebagai salah Satu jenis investasi dan berperan penting di kelangsungan pertumbuhan perekonomian nasional, kontrak karya hendaknya harus menjual prinsip keadilan serta serta menjadikan negara-negara maju sebagai benchmark.

sebagai para intelektualitas kampus telah saatnya bersama-sama mendorong pemerintah untuk mengerjakan evaluasi pada adanya kontrak karya dan banyak di indonesia,