SDN 05 Cilaku, Bogor, yang merana

gedung sekolah dasar negeri (sdn) 05 cilaku di kecamatan tenjo, kabupaten bogor, jawa barat, yang dibangun tahun 1985 kini merana, kusam dan usang termakan usia.

atap kedua gedung sekolah dan terdiri atas enam ruang kelas serta Satu ruang guru itu bocor dalam pilihan pihak, kosen-kosennya keropos, jendelanya bolong juga lantainya berlumpur saat hujan

kursi juga meja kayu mempelajari gaya berlarut dalam ruang-ruang kelas bagi kurang lebih 210 siswa sekolah tersebut tidak lagi mulus, ada berlupang dan keropos dimakan rayap.

sdn 05 cilaku ini berdiri tahun 1985, sejak berdiri bangunan dan kedua ini belum pernah direnovasi, apabila bangunan dan pertama telah sudah namun sudah sangat lama, kata kepala sekolah sdn 05 cilaku, ruiyat.

Informasi Lainnya:

ruiyat menyampaikan, sehari-hari siswa mempelajari selama ruangan dan kondisinya tidak dapat disebut pantas itu.

ya manakala hujan airnya ngucur ke kelas, ujarnya mengenai atap Satu kelas yang berlubang.

sisa rembesan air hujan di selasa baru terlihat di lantai ruang kelas, persis selama bawah atap yang bocor.

agar tak terjadi genangan tidak memenuhi ruangan, pengurus sekolah membeli celah kecil semisal lobang tikus pada dinding kelas dijadikan jalur keluar air.

selain tersebut pintu serta jendela ruang kelas empat, lima juga enam serta sudah ada keropos karena rayap. pilihan jendelanya tidak berkaca dulu. beberapa bilah bambu dipasang agar menutup jendela yang terbuka.

biar tidak banyak dan masuk ke kelas selama tutup seadanya, tutur ruiyat.

pintu dengan dua daun yang terbuat daripada bahan triplek dalam ruang kelas empat serta lima berlubang pada beberapa pihak. pintu kedua ruang tersebut hanya mampu dikunci dari selama oleh karenanya cuma mampu dibuka dari ruang kelas enam melalui mengangkatnya, karena engsel pintu sudah tidak berfungsi.

lubang dalam pintu ruang kelas tiga lebih besar, makanya pintu cuma dapat dikunci dengan mengikatnya membeli tali.

kandang bebek yang sebulan 2012 dibangun masyarakat tidak jauh sekolah membuat anak-anak mesti mempelajari dengan bau tidak sedap kotoran bebek yang terbawa angin.

disebelah itu kadang bebek peking, banyak penduduk dan beternak bebek telah Salah satu bulan ini, katanya dulmaji, penjaga sekolah yang telah berusaha dari 2005.

menurut ruiyat, sekolah sudah berusaha memperbaiki kerusakan bangunan sekolah menggunakan dana biaya operasional sekolah (bos) namun dana dan tersedia tak cukup untuk memperbaiki semua kerusakan.

perbaikan hanya dilakukan sebisanya, antara lain melalui menambal atap dan bocor.

untuk meningkatkan ini perlu dana dan besar. dana bos tidak lumayan memperbaikinya, katanya.

sekolah, lanjut ruiyat, serta telah mencatat kondisi sekolah ke pemerintah kabupaten bogor dengan dinas pendidikan setempat.

informasinya perbaikan sekolah ingin diselenggarakan dalam tahun ini dengan dana dak, katanya.

menurut sekretaris kepala dinas pendidikan kabupaten bogor, gada sembada, bangunan sdn 05 cilaku mau langsung diperbaiki mencari dana alokasi khusus (dak) pemerintah.

sdn 05 cilaku terdaftar pada penerima dana dak yang akan direhabilitasi tahun ini, ujarnya.