Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe meminta pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan setiap pihak yang bekerja pada area perusahaan tambang emas, tembaga tersebut.

lukas enembe terhadap wartawan selama timika, jumat mengatakan banyaknya persentasi korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan dalam selasa (14/5) adalah sejarah masih terhadap freeport dan telah puluhan tahun beroperasi di mimika, papua.

kejadian ini adalah sejarah selama puluhan tahun freeport ada. persentasi korban cukup banyak, tutur lukas.

lukas enembe dan masih lebih dari dua bulan menjabat gubernur papua kurun waktu 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport agar lebih mengetahui berbagai masukan daripada pemerintah juga para tokoh warga.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, serta tua-tua supaya semua bisa jalan menarik, papar lukas.

pemerintah provinsi papua, katanya, mengatakan ikut berduka cita atas meninggalkan sederat pekerja pt freeport serta perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita dan sama disampaikan terhadap keluarga para korban yang meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan selama area kerja pt freeport yang menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian bisa, sementara luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa karena korban begitu ada. ini adalah tragedi kemanusiaan, papar wilhelmus.

ia kembali mendesak diselenggarakan investigasi independen terhadap insiden runtuhnya fasilitas website latihan tambang bawah tanah pt freeport itu juga perusahaan wajib mengerjakan evaluasi dengan menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus menungkapkan sangat mendukung penutupan ternyata semua aktivitas pertambangan pt freeport untuk perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih dari 20 pekerja yang baru terkubur dalam pada reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja dan telah ditemukan, sebanyak lima orang diantaranya meninggal dunia. mereka adalah mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha serta rooy kailuhu. empat pekerja daripada 10 pekerja dan selamat harus menjalani pemeliharaan lanjutan pada jakarta sebab kondisinya masih kritis.

pt freeport menyampaikan upaya pencarian juga evakuasi para pekerja baru selalu dilakukan sampai saat ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral juga batubara thamrin sihite sudah tiba selama tembagapura dari kamis (16/5) agar menikmati segera upaya evakuasi para korban juga mengunjungi korban yang baru dirawat pada rumah sakit tembagapura.