Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka selama lingkungan lembaga pendidikan nahdlatul ulama akan mengadakan jambore nasional dalam mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur di 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama pada lingkungan studi nu, tutur ketua pengurus pusat lembaga pendidikan (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika launching jambore nasional bertajuk perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) dalam jakarta, sabtu.

hadir di acara itu wakil ketua kwartir nasional pramuka jenis organisasi juga kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat dan daerah, dan sederat anggota pramuka dalam lingkungan studi nu.

menurut arifin, hingga ketika ini sudah terdaftar sebanyak 1216 peserta daripada 19 provinsi yaitu dari bali, jawa timur, jawa tengah, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan sedang, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi sedang, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, dan jambi.

Informasi Lainnya:

target kita seluruh provinsi bisa mengutus putra terbaiknya, katanya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti disamping diisi dengan aktifitas kepramukaan serta akan diperkaya melalui seluruh kegiatan semisal latihan kepemimpinan, jurnalistik, dialog serta penyuluhan tentang hiv/aids, dan pentas budaya.

selain tersebut, lanjut dia, selama acara jambore nanti pihaknya sekaligus akan meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka dan menghimpun berbagai gugus kepramukaan selama lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan studi, cabang, wilayah, juga nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin mengatakan lp ma`arif nu, dan mengurus studi formal daripada tingkat dasar juga menengah selama lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga pada antaranya sekolah publik, melalui angka siswa kurang lebih sembilan juta siswa yang pada ini turut menyukseskan program-program kepramukaan dan dilaksanakan oleh kwarnas, kwarda, serta kwarcab.

organisasi kepramukaan di sekolah serta madrasah kami amat massif. malahan supaya wilayah jawa timur, aktifitas perkemahan sudah rutin kami laksanakan semua tahun melalui menyertakan perwakilan gugus depan pasling baik selama masing-masing cabang, ujarnya.

oleh karena itu, pihaknya optimistis mampu mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka dalam lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami mengikuti persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, yang selama antaranya merupakan mempunyai kepengurusan wilayah minimal di lima provinsi, tutur arifin.