Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe membayar pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan semua orang yang bekerja dalam area perusahaan tambang emas, tembaga itu.

lukas enembe terhadap wartawan selama timika, jumat menungkapkan banyaknya jumlah korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan pada selasa (14/5) adalah sejarah baru terhadap freeport yang telah puluhan tahun beroperasi di mimika, papua.

kejadian ini adalah sejarah di puluhan tahun freeport banyak. kasus korban lumayan banyak, papar lukas.

lukas enembe dan baru lebih daripada dua bulan menjabat gubernur papua kurun waktu 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport agar lebih mendengar seluruh input dari pemerintah juga kaum tokoh masyarakat.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, juga tua-tua agar seluruh bisa jalan baik, tutur lukas.

pemerintah provinsi papua, katanya, mengatakan ikut berduka cita atas mempunyai sederat pekerja pt freeport serta perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita dan sama diutarakan pada keluarga kaum korban dan meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan di area kerja pt freeport dan menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian dapat, sementara luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa karena korban terlalu banyak. ini adalah tragedi kemanusiaan, kata wilhelmus.

ia tinggal mendesak diselenggarakan investigasi independen pada insiden runtuhnya fasilitas tempat latihan tambang bawah tanah pt freeport tersebut serta perusahaan wajib melakukan evaluasi dengan menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus mengatakan amat mendukung penutupan ternyata seluruh aktivitas pertambangan pt freeport supaya perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih dari 20 pekerja yang masih terkubur di selama reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja dan telah ditemukan, sebanyak lima pihak keduanya meninggal dunia. mereka adalah mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha dan rooy kailuhu. empat pekerja dari 10 pekerja yang selamat harus menjalani perawatan lanjutan dalam jakarta karena kondisinya baru kritis.

pt freeport mengatakan upaya pencarian juga evakuasi kaum pekerja masih selalu diselenggarakan sampai ketika ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral serta batubara thamrin sihite telah tiba selama tembagapura sejak kamis (16/5) supaya menikmati langsung upaya evakuasi para korban serta mengunjungi korban yang masih dirawat dalam properti sakit tembagapura.