Lemhannas: manage bangsa berasaskan wawasan kebangsaan

pengurusan kehidupan bangsa mesti terus menurut wawasan kebangsaan indonesia, kata direktur program pemantapan kualitas kebangsaan lembaga ketahanan nasional kisnu haryo kartiko.

saat membangun bangsa juga membeli Jawaban atas seluruh aspek bangsa mesti berlandaskan atas agama pluralisme juga multikulturalisme untuk cerminan bangsa yang beranekaragam, ujarnya dalam yogyakarta, kamis.

kata dia di diskusi pemantapan nilai-nilai kebangsaan, mengelola kehidupan berbangsa juga bernegara menurut wawasan kebangsaan dapat dilakukan dengan langkah mengembangkan jati diri bangsa.

disamping tersebut dan mampu dilakukan dengan mengembangkan kesadaran terhadap sistem nasional.

melalui cara-cara itu diinginkan mampu terwujud warga yang alami, adil, makmur, dan sejahtera pas melalui cita-cita luhur bangsa indonesia.

ia mengatakan di perjalanan sebuah bangsa dipastikan mengalami naik turun ideologi dan dasar negara, tergolong di indonesia.

sistem kenegaraan yang dibangun berdasarkan ideologi pancasila serta tidak luput dari semua berubahnya menurut tafsir dan kepentingan elit penguasa.

jadi, telah saatnya bangsa indonesia merumuskan sistem kenegaraan dan hendak dibangun dilandasi sebuah ideologi, yaitu pancasila, ujarnya.

tenaga profesional bidang kewaspadaan nasional lemhannas i putu sastra wingarta mengatakan, dalam mengerjakan transformasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa harus bisa menjamin kelangsungan kehidupan nasional.

transformasi adalah reartikulasi dari nilai-nilai kebangsaan serta nasionalisme keindonesiaan. melakukan transformasi nilai-nilai kebangsaan berarti mengerjakan reartikulasi nilai-nilai yang dikandungnya menurut situasi dan kondisi aktual yang dihadapi.

tuntutan seperti itu tak bisa diabaikan sebab akan adalah sumber konflik juga kekerasan selama kehidupan nasional di di lingkungan strategis global, regional, dan nasional yang terus bergerak serta menuntut perubahan, ujarnya.

menurut dia, peran pendidikan kewarganegaraan (pkn) menjadi amat signifikan di mengerjakan transformasi nilai-nilai kebangsaan dan bersumber pada empat konsensus dasar bangsa. pkn dan mampu agar memicu dan memacu diaplikasikannya integrasi nasional.

pkn telah mampu menjadi alternatif Jalan keluar ajang edukasi reartikulasi nasionalisme keindonesiaan. namun itulah, pkn harus tetap disesuaikan dengan situasi juga kondisi bangsa, ujarnya.

Informasi lainnya: Adha White Series - Peluang Usaha Internet - Paket Wisata Pulau Tidung